Langsung ke konten utama

Perilaku Prososial di Internet dan Dampak yang dihasilkan


 Perilaku prososial merupakan tindakan bertujuan untuk kepentingan orang lain (Kassin, Fein & Markus, 2011). Lebih lanjut, perilaku prososial merupakan semua jenis tindakan yang dimaksudkan untuk memberikan manfaat bagi orang lain selain diri sendiri, seperti bekerja sama, berbagi, dan menghibur (Batson, dalam Sanderson, 2011).
Perilaku prososial adalah perilaku baik yang memberikan kesejahteraan sosial. Hal ini bisa bermacam dari perilaku altruistik (sukarela), menjadi murah hati (seperti memberikan uang atau darah), atau perilaku sejenis lainnya (Bierhoff, 2002).

Bentuk-bentuk prososial :
Menurut Schoeder (dalam Bierhof, 2002) perilaku prososial dapat mencakup hal-hal sebagai berikut;

a. Menolong, artinya suatu tindakan yang memiliki konsekuensi memberikan keuntungan atau meningkatkan kesejahteraan orang lain.
b.    Altruisme, artinya memberikan bantuan tanpa mengharapkan imbalan. Altruisme merupakan perilaku yang merefleksikan pertimbangan untuk lebih mengutamakan kepentingan orang lain diatas kepentingan pribadi.
c.    Kerja sama, artinya hubungan antara dua orang atau lebih yang secara positif saling tergantung berkenan dengan tujuan mereka. Sehingga gerak seseorang dalam mencapai tujuan cenderung dapat meningkatkan gerak orang lain untuk mencapainya.

Contohnya :

Menggalang dana lewat website www.kitabisa.com
Di era digital sekarang ini, apapun bisa dilakukan melalui kecanggihan internet termasuk menggalang dana. Prosesnya juga sangat mudah dan siapapun bisa melakukan penggalangan dana tersebut dan tanpa dipungut biaya apapun. Contoh penggalangan dananya seperti Mulai dari galang dana untuk bantuan biaya pengobatan, memberikan beasiswa bagi yang membutuhkan, program yayasan/panti asuhan, mendirikan rumah ibadah/sekolah/infrastruktur umum, santunan bencana alam hingga galang dana antar alumni/komunitas, dll.


Salah satu contoh penggalangan dana yang saya ambil adalah “Youtubers Untuk Korban Surabaya #KamiTidakTakut”. Campaigner nya adalah Youtubers Indonesia yaitu SkinnyIndonesian24 & Tim2One  (Andovi, Kak Jo, Chandra, Tommy, Usamah, Aulion).

Perilaku prososial dalam internet juga memiliki beberapa dampak baik positif maupun negatif, berikut adalah dampaknya :
Dampak positif:
1.    Mudahnya pengaksesan dalam mendapatkan informasi.
2.    Terjalinnya suatu hubungan sosial yang terjadi melalui internet, seperti pertemanan dan lain-lain.
3.    Sifatnya bisa ekonomis dan saling menguntungkan. Hal ini dikhususkan bagi jual beli daring konsumen dan produsen yang saling membantu dalam pemenuhan kebutuhan.
4.    Meningkatkan rasa empati seseorang dari internet ke dunia nyata. Dapatnya seseorang memberikan saran secara daring ke orang lain akan menumbuhkan rasa empati. Hal ini juga menguntungkan orang lain tersebut untuk memperbaiki diri.
5.    Orang yang membagi informasi berupa artikel atau video bisa menerima bayaran secara legal.

Dampak negatif :
1.    Menumbuhkan sifat malas mencari informasi dari luar internet, karena adanya pemberian informasi secara instan tanpa membuang waktu dan tenaga. Ini biasanya dirasakan oleh siswa maupun mahasiswa.
2.    Lebih nyamannya seseorang dalam dunia internet daripada di dunia nyata. Hal ini dikarenakan perhatian dari orang lain akan masalahnya lebih vokal dibandingkan lingkungan sekitar individu tersebut.


http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/51154/Chapter%20II.pdf;jsessionid=43D7232796688E4F178F6CBAC0441868?sequence=4

https://kitabisa.com/youtuberspeduli/contribute



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persebaran Flora dan Fauna di Dunia

Semua organisme mempunyai habitatnya masing-masing, termasuk juga tumbuhan (flora) dan binatang (fauna).   Suatu habitat dapat dianggap sebagai kawasan alam yang di dalamnya mencakup unsur-unsur hayati (biotik) dan unsur-unsur non hayati (abiotik). Dalam komunitas biotik, suatu organisme tidak dapat hidup sendiri, tetapi berdampingan bersama organime lain, baik sejenis atau dengan yang tidak sejenis. Suatu unit wilayah yang menunjukkan keseragaman kondisi habitat, tempat suatu organisme hidup disebut biotop. Biotop dicirikan oleh persamaan faktor-faktor regional, seperti medium, iklim, dan tanah. Faktor-faktor tersebut menunjang perkembangan tumbuhan yang hidup pada suatu biotop. Beberapa biotop yang memiliki persamaan dikelompokkan menjadi biokor ( biochores ). Misalnya, biotop gurun pasir dan biotop gurun batu termasuk biokor gurun. 1. Persebaran Flora Berbagai jenis tumbuhan tersebut tersebar di tiga biosiklus atau lingkungan di muka bumi, yaitu biosiklus darat, biosiklu

Tata Cara Pernikahan Adat Yogyakarta

Pernikahan atau sering pula disebut dengan perkawinan merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah kehidupan setiap orang. Masyarakat Jawa memiliki sebuah adat atau cara tersendiri dalam melaksanakan upacara sakral tersebut, Upacara Pernikahan Adat Yogyakarta dimulai dari tahap perkenalan sampai terjadinya pernikahan atau akad Nikah. Biasanya dilanjutkan dengan Upacara Adat Panggih (optional) Tahapan-tahapan Upacara Pernikahan Adat Yogyakarta tersebut memiliki simbol – simbol dalam setiap session nya, atau biasa kita sebut sebagai makna yang terkandung dalam tiap tahapan Upacara Pernikahan Adat Yogyakarta. Adapun tahapan – tahapan dalam Upacara Pernikahan Adat Yogyakarta adalah sebagai berikut: ·     Pra-nikah 1.    Nontoni Proses nontoni ini dilakukan oleh pihak keluarga pria. Tujuan dari nontoni adalah untuk mengetahui status gadis yang akan dinikahkan dengan anaknya, apakah masih legan  (sendiri) atau telah memiliki pilihan sendiri. Hal ini dilakukan untuk

All about Internet Addiction

sumber : google images Menurut Santosa (2015), adiksi adalah perilaku ketergantungan terhadap konsumsi atau suatu hal yang pada akhirnya perilaku mengganggu fungsi kontrol keseharian seseorang. Menurut prespektif psikologi, addiction (kecanduan) didefinisikan sebagai keadaan individu yang merasa terdorong untuk menggunakan atau melakukan sesuatu agar mendapatkan atau memperoleh efek menyenangkan dari yang dihasilkannya oleh sesuatu yang dilakukan atau digunakan tersebut. H. M. Orzack mendefinisikan Internet Addiction Disorder sebagai kelainan yang muncul pada orang yang merasa bahwa dunia maya ( virtual reality ) pada layar komputernya lebih menarik daripada dunia kenyataan hidupnya sehari-hari. Internet Addiction diartikan Kimberly S. Young sebagai sebuah sindrom yang ditandai dengan menghabiskan sejumlah waktu yang sangat banyak dalam menggunakan internet dan tidak mampu mengontrol penggunaannya saat online . Orang-orang yang menunjukkan sindrom ini akan merasa cemas, depr